Inilah Cara Simpel Dan Aman Overclock (Naik/Turunkan) Kinerja Cpu Android


Cara Mudah dan Aman Overlock (Naik/Turunkan) Kinerja CPU Android - Pada kesempatan kali ini Pembaca Android 1, Android 1 akan kembali memperlihatkan artikel terbarunya yang pasti memiliki kegunaan dan bermanfaat yaitu tentang Bagaimana Cara Overlock Android, artikel yang satu ini menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan di blog ini.

Bagi sebagian pengguna Android terkadang ada suatu hal yang menjengkelkan untuk para pengguna Android yaitu yakni lemah atau lembatnya kinerja CPU Android, beberapa pengguna mengakalinya dengan overlock yaitu sebuah istilah oprek untuk memaksakan Kinerja CPU pada Android, tentunya ini menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi lambar atau lemotnya Android.


Mengenal Apa Itu Overlock?
Overlock yakni suatu upaya untuk memaksakan CPU berupa peningkatan atau penurunan frekuensi prosesor untuk menerima hasil yang maksimal dari kerja Android itu sendiri.

Seberapa Amankah Overlock?
Pada dasarnya aman atau tidaknya overlock itu tergantung bagaimana kita meng-overlocknya, alasannya yaitu yakni apbila kita berlebihan dalam penggunaannya mirip memaksimalkan terus terusan melebihi titik yang sangat jauh dari standar CPU maka itu berdampak besar pada CPU itu sendiri, selain itu dalam prosesnya apbila kita tidak hati hati, yang akan terjadi yakni masalah perkara mirip mati total ataupun Android tidak mampu memasuki OS

Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan dari Overlock Android?
Dalam melakukan suatu hal pasti ada yang namanya Kekurangan dan kelebihan, begitu juga dengan overlock Android, adapun kelebihan Overlock Android yakni :

1. Performa Android akan terasa cepat dan terhindar dari istilah lemot, ini sangat bermanfaat bagi sobat yang suka bermain game apalagi games yang mengharuskan CPU dikategori tinggi

2. Membuka akses kecepatan tiada hingga, sehingga membuat pengguna merasa nyaman dengan performa Androidnya.

Adapun kekurangan yang sobat rasakan adalah:

1. Android akan menjadi panas yakni salah satu dampak yang akan sobat rasakan, hal ini terjadi alasannya yaitu yakni CPU harus memaksakan kinerjanya

2. Android juga akan mengalami boros baterai alasannya yaitu yakni CPU mau tidak mau harus bekerja dua kali dan tentunya pedoman listriknya pun juga butuh dua kali sehingga akan berdampak pada pengurangan baterai yang lumayan signifikan

3. Memperpendek usia device Android yakni salah satu kekurangan penting lainnya, jadi pastikan sobat tidak melakukan overlocknya berlebihan 

4 Kekurangan lainnya dari dampak overlock yang salah yakni akan terjadinya banyak resiko jikalau tidak dilakukan dengan cara yang benar, mirip Mati Total atau yang biasa disebut Brick ataupun Bootlop yaitu Android tidak mampu memasuki OS.

Cara Melakukan Overlock CPU Android dengan aman

Adapun sebelum sobat melakukan overlock sobat harus mempersiapkan diantaranya:
1. Akses Root, bagi sobat yang belum mengetahui dan belum diroot Android-nya silahkan baca:
2. Menginstal aplikasi Overlock, mirip Set CPU yang akan kita gunakan pada kesempatan kali ini
Download Set CPU versi premium (1,64 MB )
Lalu setelah itu kita masuk ke tahapan tahapannya, terdapat beberapa metode yang mampu sobat gunakan diantaranya:

1. Menggunakan Aplikasi Set CPU
A. Seperti biasa download kemudian instal aplikasi Set CPU Premium diatas
B. Buka aplikasi Set CPU yang sudah dinstal, jikalau ada permintaan akses root, pilih saja "izinkan"
C. Kemudian, pada tampilan awal, akan ada pilihan yaitu "continue Recommended" dan Custom Setup Advance" , pilih saja custom supaya sobat mampu leluasa menaikan atau menurukannya (gambar 1 potongan A)
D. Setelah itu Pilih "set on boat" dan pada tutorial kali ini kita memilih maksimum performance yaitu MHZ max dan MHZ minnya paling tinggi, setelah itu pilih profiles ( Gambar 1 potongan B )
E. Pada mode profile centang "Enable Profile" kemudian Pilih dan tekan tanda plus ( Gambar 1 potongan C )


F. Kemudian pilih kondisi overlock yang sobat inginkan, artinya fitur overlock hanya akan aktif pada kondisi kondisi tertentu, pada contoh kali ini kita pilih "App" ( Gambar 2 potongan A )
G.  Pilih "Apps" Pada "Choose App Type" (Gambar 2 Bagian B)
H. Cari aplikasi yang ingin dimaksimalkan jikalau kita membukanya, contoh kali ini yakni "Emulator PSP" setelah itu pilih "Next" (Gambar 2 Bagian C)


I. Setelah itu, masuk ke tahap akhir, pastikan sobat mengubah "Set the I/O Scheduler" menjadi "CFQ" mirip gambar dibawah

J. Selesai, sekarang waktunya sobat menggunakan performa Android sobat terhadap kondisi yang telah kita buat diatas.

Catatan :
1. Kebutuhan sobat dalam overlock alangkah baiknnya tidak terlalu drastis, contoh misalkan CPU sobat yakni 600 MHZ kemudian sobat menaikannya menjadi 1200 MHZ, tampaknya hal tersebut patut sobat hindari demi meminalisir kerusakan yang sobat tanggung sendiri akibatnya.

2. Menggunakan Custom Rom Cyanogen MOD
Bagi sobat yang belum tau apa itu Cyanogen MOD, silahkan baca:
Dengan menggunakan Sutom ROM Cyanogen MOD, sobat tidak perlu repot repot dalam overlock Android sobat, alasannya yaitu yakni dalam fiturnya, disana sudah terdapat pilihan untuk overlock. Untuk tutorialnya akan saya berikan di artikel berikutnya, jadi tunggu saja.

Mungkin dicukupkan artikel dari Pembaca Android 1, Android 1, semoga senantiasa menambah wawasan para Androiders semua, jangan lupa untuk tetap terus bersama kami di blog ini , jangan lupa juga untuk komentar atau perntanyaan pertanyaan seputar artikel ini, komentar kalian berdampak baik demi kemajuan blog ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Sumber Artikel 1 : http://androsobat.blogspot.com
Sumber Artikel 2 : http://android1forg.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Cara Simpel Dan Aman Overclock (Naik/Turunkan) Kinerja Cpu Android"

Posting Komentar